• gmailyosepsofyan309@gmail.com

Tips Memilih Sepatu untuk Mendaki Gunung | Tepbadrol.com

tips memilih sepatu gunung

Tips Memilih Sepatu untuk Mendaki Gunung

Thanks For Sharing

Tepadrol.com, Sepatu gunung merupakan perlengkapan yang wajib digunakan dalam melakukan pendakian. 

 

Dengan menggunakan sepatu tentunya akan meminimalisir terjadinya resiko kecelakan, misalnya : Terkena sengatan binatang, kaki terkilir, tergores, bahkan terpeleset ketika melakukan pendakian. 

 

Walaupun saat ini masih sering kita jumpai banyak pendaki yang tidak menggunakan sepatu atau yang hanya menggunakan sandal bahkan bertelanjang kaki saat melakukan pendakian ,tentu hal tersebut bisa membahayakan. 

 

Nah untuk itu di artikel kali ini saya akan membahas tentang Tips – tips Memilih Sepatu Gunung

 

Memilih sepatu gunung tidak boleh sembarangan sama seperti memilih pasangan sob, susah susah gampang.

 

Yang harus diperhatikan bukan hanya tampilannya saja yang keren tapi juga harus sesuai dengan isi dompet, tentunya harus nyaman saat dipakai.

 

Baca Juga Info 4 jalur Pendakian Gunung Ciremai

 

Artikel ini saya buat untuk sobat pendaki atau traveller yang hendak membeli sepatu gunung namun masih bingung, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli sepatu gunung.

 

Oke sob langsung saja saya bahas !..

1.  Nyaman

 

     Tips memilih sepatu gunung yang pertama yaitu kenyaman. Kenyaman adalah hal yang sangat penting, sama dengan milih pasangan kan sob. 

 

Kalau misalkan memilih sepatu yang kurang nyaman saat dipakai pastinya akan membuat kaki kita kurang leluasa bergerak atau bahkan bisa membuat kaki kita terluka dan juga membuat sepatu yang sudah kita beli menjadi mubadzir akan cepat tak terpakai.  

 

Ketika anda mau membeli sepatu saya sarankan untuk mencobanya terlebih dahulu. Nah untuk itu membeli sepatu hendaknya secara langsung tak melalui online karena di khawatirkan barang yang di beli tak sesuai ekspektasi.

 

Baca Juga : Review Tas Gunung Consina Tarebbi

 

2. Besarkan Satu Ukuran

 

     Misalnya Ukuran kaki anda 42, maka ketika anda mau membeli sepatu gunung hendaknya memilih sepatu yang berukuran 43. 

 

Kenapa ? Karena kalau ukuran kaki anda 42 dan beli sepatunya sama ukuran 42 tentu akan membuat ujung kaki anda sakit. 

 

Selalu sisakan satu ukuran lebih besar dari ukuran kaki. Agar mengurangi dampak gesekan secara langsung dari kaki ke sepatu anda.

 

Baca juga : Pendakian Gunung Merbabu Via Wekas

3. Pilih Sepatu Yang Melindungi Mata Kaki

 

   Saat melakukan pendakian pastinya anda akan menemui tanjakan turunan, hal tersebut membuat anda memerlukan pergerakan yang dinamis dan kokoh.

 

Engkel merupakan bagian kaki yang sangat penting untuk menunjang pergerakan tersebut. Untuk itu Engkel dan mata kaki harus  di beri perlindungan supaya bisa meminimalisir terjadinya cedera pada bagian tersebut.

 

Baca JugaInfo 4 jalur Pendakian Gunung Ciremai

.4. Waterproof

    Jadi saat anda mau membeli sepatu hendaklah memilih sepatu yang sudah tahan air.

 

Agar nantinya ketika anda melakukan pendakian saat musim hujan atau harus melewati genangan air yang tidak terlalu tinggi, kaki anda akan tetap kering tidak terkena air. 

 

Jika anda melakukan pendakian dalam kondisi kaki dan sepatu basah pastinya rentan terhadap cedera lebih besar. 

 

Apalagi jika anda melakukan perjalanannya berhari-hari. Kondisi kaki anda yang kering juga akan mencegah anda dari hyoptermia.

 

Baca Juga : Tips Memilih Tas Gunung atau Carrier

5. Harus Cukup Ringan

 

Bayangkan ketika anda menggunakan sepatu yang cukup berat, pastinya akan membuat kaki anda berat dalam melangkah, kurang fleksibel, menambah beban anda dalam melakukan pendakian, juga menguras tenaga yang lebih besar.

 

Baca juga : Jenis -jenis Sepatu Untuk Mendaki Gunung

6. Pilih Outsole sepatu yang sesuai dengan permukaan tanah

 

    Seperti yang kita ketahui, medan semua gunung di Indonesia Berbeda-beda. Misalnya : ada yang penuh dengan bebatuan kerikil atau batu besar, ada yang tanah, rawa-rawa, dan jalanan yang licin. 

 

Disinilah fungsi jenis Outsole sepatu berperan penting. Saat ini Outsole sepatu bervariasi, ada yang soft, sedang, dan keras.

 

Sol yang soft berguna pada medan yang bebatuan agar tidak terpeleset, Sol yang keras cocok untuk melintasi Medan yang penuh dengan tanah.

 

Kalau saya lebih suka menggunakan Sol yang sedang karena medan gunung gunung di Indonesia memiliki medan yangyang terdiri dari bebatuan licin, tanah lembek dan juga lumut. 

 

Outsole yang bagus adalah yang terbuat dari bahan karet campuran dan memiliki jenis tapak yang bergerigi dan memiliki pola tapak bergerigi, sehingga bisa lebih menggigit ke tanah.

7. Bahan Sepatu 

 

    Menurut saya, bahan sepatu yang bagus adalah yang memiliki kriteria sebagai berikut : Membuat kaki terasa nyaman, dapat memperkecil resiko kaki melepuh, dapat menyerap keringat yang keluar dari kaki dan Cepat kering.

 

Demikian artikel Tips Memilih Sepatu Gunung dari saya, semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Aamiin

 

Baca Juga : Jalur Pendakian Gunung Ciremai Untuk Pemula


Thanks For Sharing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *