• gmailyosepsofyan309@gmail.com

Tips Memilih Tas Gunung atau Carrier | Tepbadrol.com

tips memilih tas gunung atau carrier

Tips Memilih Tas Gunung atau Carrier

Thanks For Sharing

Di artikel kali ini tepbadrol.com akan membahas salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki oleh seorang pendaki ataupun traveler, yaps Tas Gunung.

Tas gunung atau sering disebut juga Carrier merupakan perlengkapan yang wajib dibawa saat melakukan pendakian. Perlengkapan inilah yang pertama saya miliki ketika menekuni hobi mendaki gunung. Carrier berfungsi sebagai alat untuk membawa dan menampung barang – barang yang di perlukan pada saat melakukan pendakian.

Tas carrier berbeda dengan tas lainnya seperti yang biasa dipakai sehari-hari atau sering disebut tas daypack. Tas carrier didesain secara khusus serta di desain sedemikian rupa untuk menampung barang-barang dengan jumlah yang cukup banyak. Tas carrier memiliki daya tampung yang lebih besar dari tas biasa.

Pada umumnya tas carrier memiliki frame atau kerangka pada bagian yang melekat pada punggung kita. Frame ini berfungsi sebagai penyangga, diharapakan frame ini bisa membuat posisi kita tetap stabil walaupun tas carrier yang dibawa terisi beban yang berat.

Di Indonesia banyak sekali tas carrier yang bisa kita dapatkan dengan mudah, tentunya dengan kualitas yang terjamin, baik dari brand lokal maupun mancanagera. 

Dari brand lokal ada merk eiger, consina avtech, rei, cozmed, jayagiri, forester, mahameru, gravel dll sedangkan dari brand mancanegara yaitu osprey, deuter, the north face, jack wolfskin, berghaus, kalibre, mammut, karimor dll. 

Baca Juga : Info 4 Jalur Pendakian Gunung Ciremai 2019

Saran saya jika sobat mau membeli tas carrier, belilah produk dari brand lokal. Kenapa ? Karena brand lokalpun kualitasnya baik, tidak kalah dari brand luar.

Harganya lebih terjangkau dibandingkan brand mancanegara serta dengan menggunakan brand lokal pastinya kita ikut memajukan bangsa. Cintailah produk-produk Indonesia (Iklan).

 

Bagi seorang pendaki, memilih tas carrier sudah seperti memilih pasangan. Anggapan tersebut tidaklah lebay, karena Jika salah dalam memilih maka pendakian tidak akan terasa nyaman. 

Bagian pundak punggung akan terasa tersiksa dan badan pun jadi cepat Lelah. Memilih tas carrier memang gampang-gampang susah ditambah lagi bejibun-nya pilihan produk dari berbagai Brand. 

Maka dari itu kali ini tepbadrol.com akan membagikan Tips Memilih Tas Gunung atau Carrier sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : Orchid Forest Cikole Lembang, Tempat Wisata Hits Yang Mempesona

ketahui dulu kebutuhan anda

Jika sobat mau membeli tas carrier pastikan dulu, tas tersebut fungsi utamanya mau untuk apa. Mau di pakai untuk mendaki gunung atau untuk traveling biasa. Karena setiap carrier memiliki fungsi yang berbeda. 

Misalnya kalau untuk travelling yang memakan waktu tidak terlalu lama, sobat bisa memilih tas carrier yang ukurannya tidak terlalu besar, sedangkan kalau tujuan utama membeli tas carrier untuk mendaki pastinya membutuhkan tas carrier yang kapasitas cukup besar. 

Semakin lama melakukan aktivitas pendakian maka semakin banyak juga perlengakapan

Pastikan kapasitas

Berikut ini beberapa kapasitas tas carrier beserta durasi perjalanan : 

Tas carrier kapasitas 40 L biasa untuk pendakian selama 2 hari

Tas carrier kapasitas 50 – 70 L biasa digunakan untuk pendakian selama 3 – 5 hari

Tas carrier kapasitas 70 keatas biasa digunakan untuk pendakian selama lebih dari 5 hari

 

Sesuaikan dengan berat dan tinggi badan

Jika sobat memiliki berat badan yang kurus, saya sarankan untuk memilih tas gunung yang berkapasitas medium. 

Dan kalau misalkan sobat memiliki tinggi badan diawah rata-rata pilihlah tas yang tidak terlalu tinggi. Harus di perhatikan bahwa tidak semua orang memiliki kekuatan yang sama

pilihlah tas carrier yang ringan tapi kuat

Perlu diketahui bahwa tak semua tas gunung memiliki berat yang ringan. Sebelum membeli tas carrier saya sarankan untuk mencoba diangkat tas tersebut terlebih dahulu. 

Apakah berat carrier tersebut cukup ringan atau sudah berat walaupun didalamnya masih kosong tidak ada isinya. Sebab tas carrier yang ringan bisa membantu meringankan beban saat melakukan pendakian. 

Perhatikan juga bahannya yang ringan bisa tetap kuat untuk membawa perlengkapan mendaki gunung. Sebaiknya pilihlah tas carrier dari brand ternama yang sudah terbukti kualitasnya.

Baca Juga : Tips Memilih Sepatu untuk Mendaki Gunung

pilih tas carrier yang memiliki fitur lengkap

Rangka Dalam Atau Frame

 

Tas carrier yang modern di bagian dalamnya terdapat frame atau besi alumunium. Frame ini berfungsi untuk menjaga bentuk tas supaya tetap tegak tidak condong ke kiri ataupun kanan, tetap stabil dengan punggung. Saya sarankan pilihlah tas carrier yang memiliki double frame.

Bantalan punggung

 

Bantalan punggung tas carrier yang baik tentu akan memberi kenyamanan pada punggung kita ketika bersentuhan. Selain baik bantalan punggung juga harus empuk dan menyerap keringat.

Tali pengatur atas

 

Tali pengatur atas berfungsi sebagai pengikat jika tas gunung yang sobat bawa terisi dengan penuh yang biasanya pada bagian atasnya menggelantung ke belakang.

Tali Bahu / bantalan bahu

Perhatikan juga pada bagian ini, harus empuk serta terdapat tali webbing yang bisa digunakan untuk menghubungkan bantalan bahu dengan bagian atas ransel.

 

Tali Pinggang

Harus di ingat juga bahwa beban utama tas carrier bertumpu pada bagian pinggang, jadi pilihlah tali pinggang yang tebal dan empuk.

Tali Dada 

Tali dada berfungsi untuk menghubungkan antara kedua bantalan kiri dan kanan serta supaya menjaga bantalan bahu tidak keluar dari pundak tetap nyaman di tempatnya.

Jumlah Kompartmen

Dengan jumlah kompartmen yang banyak tentunya akan menambah barang yang bisa dibawa. Tas gunung yang modern pastinya memiliki fitur yang bisa memudahkan mengatur barang bawaan. 

Contohnya : pada bagian dalam carrier disediakan kompartmen bawah untuk menyimpan sleeping bag, pada bagian kantong samping kiri & kanan tas carrier bisa kita isi dengan botol minum yang bisa kita ambil ketika membutuhkan tak perlu membuka resleting utama.

Rain Cover

Dalam membeli tas carrier Fitur yang satu jangan sampai di lupakan. Ketika membeli tas carrier biasanya sudah include dengan raincover. Jadi sobat tak perlu lagi membeli rain cover. 

Rain cover sangat dibutuhkan terlebih lagi ketika mendaki pada musim hujan, tentunya supaya barang bawaan tetap kering tidak terkena hujan. 

Waterblader

Waterbladder ini berfungsi untuk menyimpan air dan selangnya sebagai penyalur dari kantong ke mulut. Water bladder biasanya di letakan dalam tas carrier yang memiliki kantong khusus.

 

Demikian beberapa tips memilih tas gunung atau carrier dari tepbadrol.com, jangan terpaku pada brand, untuk masalah style tergantung selera masing-masing. 

Jika sobat mau membeli via online baca dulu testimoninya, lihat juga reviewnya di chanel Youtube. Semoga artikel ini bermanfaat bisa membantu sobat yang ingin tau hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli tas gunung.

Baca Juga : Trip To Mt. Papandayan From Bandung


Thanks For Sharing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *