• gmailyosepsofyan309@gmail.com

Balitsa Lembang Bandung | Balai Penelitian Tanaman & Sayuran

balitsa lembang bandung

Balitsa Lembang Bandung, Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran

Thanks For Sharing

Tepbadrol.com| Ketika sobat ingin berwisata ke daerah Lembang Bandung, pasti yang terlintas ingin mengunjungi tempat-tempat terkenal yang hits diantaranya seperti : Tangkuban Perahu, Orchid Forest, Observatorium Boscha, Grafika Cikole, Taman Bunga Begonia, Maribaya, Farm House, Gunung Putri, De’ranch, Floating Market dll. 

Ya Lembang Bandung memang terkenal dengan banyaknya tempat wisata yang keren keren. 

Baca Juga : Orchid Forest Cikole Lembang

Dari sekian banyaknya tempat wisata yang keren di Lembang Bandung, ada satu tempat yang menurut saya wajib di kunjungi, karena tempat wisata tersebut dibandingkan dengan tempat-tempat wisata diatas tadi tidak kalah keren serta ada unsur edukasinya. 

Apalagi untuk masuknya tidak dikenakan biaya alias gratis hanya untuk membayar parkir saja sekitar Rp. 3.000,00 cukup murah bukan ?. Yaps inilah dia Balitsa Lembang Bandung.

Balitsa Lembang ialah singkatan dari Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran yang ada di Lembang. Balitsa Lembang merupakan salah satu tempat pusat penelitian tanaman dan sayuran terbesar di Indonesia. 

Balitsa Lembang menyajikan wisata edukasi yang menyenangkan dan memiliki pemandangan alam yang indah. 

Selain itu sejuknya udara pegunungan yang bersih, pohon pinus di samping kiri jalan, banyaknya tanaman holtikultura, bisa membuat yang mengunjunginya relaksasi sebuah hal yang tidak bisa didapatkan ketika berada di kota metropolis.

Jika sobat menyukai dunia pertanian, pemburu spot-spot foto hits yang instagramable, menyukai pemandangan yang hijau disertai udara yang bersih, wajib banget untuk mengujungi tempat yang satu ini.  

Baca Juga : Review Tas Gunung Consina Tarebbi

Lokasi Balitsa Lembang

Balitsa Lembang beralamat di Jalan Tangkuban Perahu No. 517, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Profinsi Jawa Barat 40391.

Hal menarik yang bisa ditemukan di Balitsa

         Spot Foto yang Instagramable

     Berkunjung ke suatu tempat kurang lengkap rasanya bila tak mengabadikannya melalui foto “No foto today No History Tomorrow”. Ya di Balitsa Lembang terdapat beberapa spot foto yang menarik. 

     Seperti jajaran pohon pinus disamping kiri kanan jalan yang memberi kesan pemandangan seakan berada di luar negeri, spot ini sering digunakan untuk preweeding atau postwedding. 

      Ada juga spot foto yang menampilkan hamparan tanaman sayuran yang luas tumbuh subur. Di balitsa juga terdapat rumah kaca atau green house yang digunakan sebagai tempat meneliti tanaman. 

     Bisa juga mengambil foto dengan latar belakang gunung Tangkuban Perahu karena memang tempatnya tidak jauh.

     Baca Juga : Tips Memilih Tas Gunung atau Carrier

 

instagram : sipatut.id
instagram
instagram : @villapuriteras

         Wisata Edukasi

     Sebagai tempat penelitian tanaman, sayuran dan holtikultura, balitsa pastinya memberikan wisata edukasi. Bagi sobat yang ingin mengetahui secara langsung tentang dunia pertanian bagaimana tahapan dan proses setiap penelitian tanaman sayuran yang ada disini.

 

instagram : fabianarya_maulana

rute jalan ke balitsa

Ada banyak sekali opsi akomodasi yang bisa digunakan untuk sampai ke tempat ini bisa dengan kendaraan pribadi, jasa ojek online, taxi daring ataupun transportasi umum. 

Jika sobat yang berada dari arah Kota Bandung mau menggunakan transportasi umum sobat bisa naik bus damri dari terminal leuwi Panjang tujuan terminal ledeng, jika dari terminal cicaheum bisa naik angkot cicaheum tujuan terminal ledeng kemudian dilanjutkan dengan naik elf rute Ledeng – Subang dan turun di PAL 16.

Jika menggunkan kendaraan pribadi bisa memilih 3 jalur alternative yaitu : bisa melalui jalanan setiabudhi, dago pakar dan parongpong. Saya dulu memilih rute dari dago pakar dengan menggunakan sepeda motor karena itu adalah rute terdekat dari kosan saya dan menghindari kemacetan jalanan setiabudhi-lembang.

Baca Juga : Trip to Mt. Papandayan from Bandung 

jam Operasional

Meskipun Balitsa Lembang sebagai tempat penelitian namun terbuka untuk umum, perlu di ketahui bahwa hanya area tertentu saja yang bisa dikunjungi, hal itu bertujuan untuk meminimalisir kerusakan tanaman. 

waktu operasionalnya hanya pada saat weekend yaitu hari Sabtu dan minggu, mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB

tips - tips

Jika ingin mengunjungi Balitsa Lembang, simak juga tips-tips berikut ini :

  • Ke dalam area Balitsa dilarang membawa kendaraan pribadi, jika membawa kendaraan hanya boleh diparkirkan di depan Gedung penelitian Balitsa.
  •  
  • Pilihlah waktu yang tepat untuk berkunjung. Kalau sobat menyukai dunia fotografi jangan lupa membawa kamera. Waktu yang paling bagus untuk berkunjung yaitu pada saat pagi hari, cuaca berkabut, sore hari. Kenapa ? Karena pada saat pagi atau sore hari cahaya matahari terbit/terbenam memberikan efek yang bagus di jalanan balitsa yang di sisi kiri kanan terdapat pohon pinus dan pada saat berkabut jepretan kamera akan memberikan efek misteri.
  •  
  • Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan.

Nah itu dia sedikit pembahasan tentang tempat wisata Balitsa Lembang Bandung. Sobat bisa menjadikan Balitsa sebagai tempat liburan alternative dari sekian banyaknya tempat wisata yang ada di lembang, jaraknya juga berdekatan. 

Gak ada salahnya kalau mau sekedar mampir tapi ingat selalu menjaga kebersihan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi referensi bagi sobat yang ingin pergi liburan ke Lembang Bandung.

Baca Juga : Tips Memilih Sepatu untuk Mendaki Gunung


Thanks For Sharing

1 thought on “Balitsa Lembang Bandung, Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *