• gmailyosepsofyan309@gmail.com

Tempat Wisata Alam di Kuningan | Bukit Pencut Palasa

tempat wisata alam di kuningan pencut palasa

Tempat Wisata Alam di Kuningan | Bukit Pencut Palasa

Thanks For Sharing

Tepbadrol.com | Setelah wara wiri kebanyak tempat belum lengkap rasanya bila tidak membahas tempat kelahiran sendiri. Di edisi Artikel jalan-jalanmen kali ini saya ingin membahas salah satu tempat keren di kampung saya yang tidak kalah keren dari tempat wisata alam di kuningan lainnya. 

Akan tetapi tempat tersebut masih belum dikelola secara baik. Jika potensi tersebut bisa di kelola dengan baik maka akan menambah dan meningkatkan sumber pendapatan daerah, pihak pengelola dan tentunya ekonomi masyarakat ikut bergerak. Yaps inilah dia Bukit Pencut Palasa

Minimnya dukungan dana investasi, kurangnya pengelolaan serta hanya mengandalkan gotong royong pemuda setempat menjadi kendala tersendiri untuk mengembangkan potensi wisata tersebut. 

Pencut Palasa bisa di rancang sebagai destinasi wisata berbasis Alam, target pengunjung menyasar kaum milenial yang menyukai kegiatan di outdoor. 

Baca Juga : Orchid Forest Cikole Lembang | Tempat Wisata yang Hits Mempesona

Lokasi

Bukit Pencut Palasa dibuka sekitar bulan maret 2016 atas inisiatif dan gotong royong pemuda setempat. Lokasinya berada di lembah kaki Gunung Tilu, lebih detailnya di area Lahan yang di kelola Perum Perhutani, Dusun Purwasari, Desa Cimara, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan

Karena lahan tersebut dikelola oleh Perum Perhutani maka diperlukan suatu kerjasama yang nyata dan saling menguntungkan.

Jika sobat dari arah Kuningan Kota untuk sampai ke tempat ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Sampai saat ini pengunjung yang datang berasal dari wilayah kuningan timur dan sekitarnya.

Baca Juga : Balitsa Lembang Bandung, Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran

 

Hal menarik apa saja yang bisa dilakukukan di Bukit pencut palasa

1. berkemping

2. menikmati view pegunungan

3 melihat matahari terbit

Akses jalan

Salah satu kendala yang menghambat pengembangan Bukit Pencut Palasa yaitu disebabkan karena akses jalan menuju lokasi yang masih buruk. Akses jalan menuju lokasi berupa jalanan bebatuan, melewati sungai, jalanan setapak yang menanjak. 

Kondisi akses jalan tersebut cukup menyulitkan untuk kendaraan melintas, hanya bisa dilewati oleh motor trail atau kondisi motor yang sudah di rombak, bisa juga dilewati oleh motor standar akan tetapi pada musim kemarau saja itupun dengan modal nekat, jika musim hujan saya sarankan jangan mencoba untuk melewatinya.

Kenapa ? Karena kondisi jalanan yang licin, yang ada sepeda motor sobat bisa nyangkut di bebatuan atau ban selip karena licinnya jalanan tanah & bebatuan.

Untuk memajukan suatu daerah ada berbagai cara untuk mengeksplorenya contohnya dari sektor pertanian dan keindahan alamnya. 

“Action : Visi Tanpa Aksi itu Fantasi, Aksi tanpa Visi itu Sensasi (Sesaat)” 

– Menpar Arief Yahya

 

Pingin tau info lainnya tentang Bukit Pencut Palasa ? Sobat bisa kepoin akun Instagramnya, dengan klik icon di dibawah :

Tips - tips

  1. Waktu yang bagus untuk berkunjung ke tempat ini yaitu pada musim kemarau. Kenapa ? Karena jika pada musim hujan jalanannya cukup licin serta tumbuhnya semak belukar yang menghalangi jalan.
  2.  
  3. Yang menyukai dunia fotografi jangan lupa untuk membawa kamera.
  4.  
  5. Membawa makanan dan minuman tapi jangan lupa membawa kembali sampahmu.

Attention !

  • Dilarang Mengembala Ternak
  • Dilarang Membakar Hutan
  • Dilarang Berburu Binatang
  • Dilarang Merusak Lingkungan
  • Dilarang Membuang Sampah Sembarangan

Nah itu dia sedikit tentang Tempat Wisata Alam di Kuningan Bukit Pencut Palasa. Jika dikelola dengan optimal diharapkan bisa mengangkat potensi daerah dan masyarakatnya sehingga tidak perlu lagi berbondong-bondong merantau ke luar daerah untuk mengais rezeki.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya, khusunya untuk warga kampung saya semoga dusun purwasari semakin maju dan sejahtera.

 

Baca Juga : 


Thanks For Sharing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *